Beberapa Cara Menghindari Penggunaan Bahan Berbahaya dan Beracun Dirumah


pengganti bahan kimia
rumah sehat
Masyarakat modern sekarang ini dalam mengurus rumah tempat tinggal mereka tidak luput dari penggunaan bahan kimia, walaupun hanya untuk sekedar membersihkan dan mengendalikan hama (semut, nyamuk, lalat, kecoa).  Padahal, produk-produk yang menggunakan bahan kimia cenderung berbahaya, bahkan ada beberapa yang beracun.

 Namun tahukah anda... Bahwa produk berbahan kimia itu bisa diganti dengan yang tidak beracun? Bahan-bahan yang tidak beracun tersebut memiliki keuntungan antara lain:


  • ramah terhadap lingkungan, 
  • lebih hemat dalam segi ekonomi, 
  • mudah ditemukan dan dipraktekkan.
Berikut daftar jenis, kegunaan dan fungsi dari bahan-bahan alternatif dalam penggunaan produk berbahan kimia berbahaya dan atau beracun dalam kegiatan sehari-hari.




Perekat Sintetik dan Lem berbahan kimia

Gunakan lem kayu putih atau kuning dan bukan lem yang menggunakan pelarut kimia.

Cairan Pembersih Lantai Kamar Mandi berbahan dasar Amonia

alternatif: Gunakan soda kue, taburkan pada busa atau lap basah. Sebelum mengelap celupkan kedalam air yang telah dicampur dengan cuka (2 sendok teh per liter air).

Anti Serangga (pembasmi semut)

Taburi bubuk cabai, bedak atau kapur bubuk di sepanjang tempat semut masuk ke rumah atau apartemen Anda.

Pemutih Pakaian

alternatif: Gunakan boraks untuk semua warna kain. Untuk mencerahkan pakaian yang berwarna gelap, gunakan satu setengah cangkir cuka.

Pembersih Karpet

alternatif: Taburi kapet dengan tepung maizena kering atau baking soda, kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner. Untuk noda yang susah hilang, cuci dengan air sabun yang telah dicampur cuka.

Racun Kecoa

alternatif: Gunakan campuran baking soda dan gula bubuk atau tepung Borax dan taburi di tempat yang sering dilalui kecoa.

Desinfektan

alternatif: Gunakan Borax, dengan perbandingan satu setengah cangkir untuk setiap satu ember air.

Pembersih Saluran Cuci Piring

alternatif: Tuangkan satu cangkir baking soda ke saluran pembuangan, lalu satu setengah cangkir cuka. Tunggu sebentar lalu siram dengan air panas.

Pembasmi Kutu Hewan Peliharaan

alternatif: Semprot bulu hewan peliharaan anda dengan minyak sitrus. Selain itu, untuk membasmi hingga tuntas tambahkan ragi ke makanan hewan peliharaan Anda.

Pembasmi Lalat

alternatif: Semprot lalat dengan campuran sabun cuci piring dan air.

Pembersih Lantai dan Mebel Kayu Jati

alternatif: Untuk membersihkan gunakan sabun cair dan air hangat lalu keringkan. Untuk memoles gunakan perasan jeruk nipis dicampur lilin lebah dan minyak mineral.

Insektisida

alternatif: Semprotkan air sabun pada kutu daun dan hama kebun lainnya.

Pembersih Logam

alternatif: logam yang terbuat dari kuningan dan tembaga, dapat dibersihkan dengan cara dicelupkan ke dalam air perasan jeruk nipis yang telah dicampur garam. Untuk stainless steel bersihkan dengan baking soda dan garam, disikat, kemudian dibilas dengan air. Sedangkan untuk perkakas dari perak, gunakan pasta gigi dan kain basah yang lembut.

Pembersih Toilet

alternatif: Taburkan baking soda lalu gosok dengan sikat toilet.